Sabtu, 17 Juni 2017

Membuat Animasi Gerhana Matahari Dengan Blander 3D


Pembuatan Animasi Gerhana matahari

Untuk pembuatan animasi digunakan aplikasi Blender 2.60. dalam hal ini yang harus disiapkan yaitu pembuatan objek, texturing, pencahayaan, animation, dan rendering. Adapapun langkah-langkah yaitu sebagai berikut:




  Pembuatan Objek

Pertama siapkan aplikasi 2.80, setelah itu buka aplikasinya maka yang akan nampil dilayar adalah default program. Hapus objek kubusnya dengan cara klik kanan pada objek dan tekan delete pada keyboard. Dan hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut:

Setelah itu tambahkan 3 objek uv sphere untuk pembuatan objek matahari, bumi dan bulan. Untuk menambahkan objek bisa tekan tekan shortcut keyboard shift+A, pilih mesh dan pilih uv sphere. Untuk mengatur ukuran objek besar kecilnya tekan tekan shortcut keyboard S dan untuk memindahkan objeknya. Klik kanan pada objek (pilih) kemudian tekan shortcut keyboard G. setelah objek ditambahkan maka pilih semua objek dan pada objek tools shading pilih smooth untuk memperhalus objek.


           Texturing   
     Texturing adalah pemberian/pemasukkan gambar pada objek. Dalam kasus ini peulis akan memberikan memasukan gambar pada objek. Disini akan dijelaskan pemberian texture pada objek matahari dengan cara sebagai berikut:


Edit mode pada objeknya->mesh->uv unwrap-uv spare projection->texture dan terakhir kembali ke default layar. Untuk gambarnya dapat dilihat pada gambar berikut:


         Atur Properties Texture dengan cara sebagai berikut:
o   Pilih properties material kemudian klik new
o   Pilih properties texture dan kemudian klik new
o   Pada yype ganti clouds menjadi image or movie
o   Preview pilih both
o   Pada image pilih nama file gambar yang akan ditekturnya
o   Pada mapping, coordinates ganti generate menjadi uv


Pemberian texturing bumi dan bulan penulis tidak menjelaskan caranya karena pemberian texture ke objek lain sama saja seperti pemberian texturing pada objek matahari.

  1. Lighting
Lighting atau pencahayaan merupakan teknik untuk mengatur objek terlihat lebih ke 3 dimensi. Objek yang digunakan untuk pencahyaan adalah objek Lamp atau lampu.
Pada pencahayaan untuk project gerhana ini digunakan 4 objek lamp yang ditempatkan dekat matahari dengan tujuan untuk mendapatkan proses terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan serta menentukan proses terjadinya siang dan malam pada objek bumi. Hasil peletakan objek lamp dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
     
     Animation
          penulis mencoba untuk memberikan animasi pada objek-objek telah dibuat adapun                caranya sebagai berikut:

    A                     Pilih objek yang akan di animasi.
B.           Tentukan start frame-nya yang terdapat pada fitur timeline, yang berfungsi untuk memulai animasi. Misal animasi dimulai pada detik ke 0.

C.          Tekan shortcut keyboard I di objeknya.D    Pilih jenis animasi yang akan digunakan. Dalam hal ini penulis  memilih jenis animasi locrot(location rotation). Locrot adalah jenis animasi yang berpindah lokasi kemudian berputar.

E.            Tentukan end frame-nya yang ada di timeline yang berfungsi untuk batas animasinya. Misal animasi diakhiri pada detik ke 90

F.          Setelah itu pindahkan objeknya ke location yang diinginkan dan rotasi objeknya dengan cara menekan shortcut keyboar R lalu putar objeknya dengan cara menggerakan mouse.G.     Tekan kembali shortcut keyboard I dan pilih lagi jenis animasi locrot.

H.    Uji apakah berhasil atau tidak animasi dapat diketahui dengan menekan tombol menu play yang terdapat pada blender atau tekan shortcut keyboard alt+A. Penulis memberikan contoh hasil obek bumi yang telah diberi animasi dan hasilnya dapat dilihat gambar berikut ini:












Tidak ada komentar:

passive voice

PASSIVE VOICE            Pengertian Passive Voice  -   Pasif voice adalah cara merubah dari kalimat aktif menjadi kalimat pasif  artinya...