ABSTRAK
Bab ini membahas peran
ICT untuk kegiatan intelijen kompetitif. Untuk tujuan ini, dimulai dengan
pengenalan intelijen kompetitif. Selanjutnya, membahas kemungkinan penggunaan
ICT untuk kegiatan intelijen. Di dalam Perhatian diskusi dibayar untuk penggunaan
internet, untuk tujuan umum alat TIK, alat untuk ICT disesuaikan dengan satu
atau lebih tahap kecerdasan, dan alat-alat intelijen bisnis (gudang data dan
alat untuk mengambil dan menyajikan data di dalamnya). Akhirnya, bab ini
menjelaskan bagaimana organisasi dapat memilih aplikasi TIK untuk mendukung
kegiatan intelijen mereka.
PENGANTAR
(paragraph 1)
Intelijen kompetitif dasar digambarkan sebagai produksi dan pengolahan
informasi tentang lingkungan dari suatu organisasi untuk tujuan strategis(CF,Kahaner,
1997). Dan untuk (re-) merumuskan
strategi mereka tentang lingkungan
misalnya pesaing, pelanggan, pemasok, pemerintah, tren teknologi atau ekologi
perkembangan. Pengumpulan dan pengolahan informasi lingkungan untuk tujuan
strategis ini tidak berarti sesuatu yang baru. Itu selalu penting tanpa
mengetahui apa yang sedang terjadi di lingkungan, menjaga organisasi layak
tidak mungkin, bahkan sebagai beer(1979) menegaskan fungsi intelijen(
pemindaian lingkungan untuk mempertahankan adaptasi dari sistem) adalah fungsi
penting dari setiap yang layak. Namun isu eksplisit membangun dan memelihara
fungsi intelijen dalam sebuah organisasi hanya memperoleh pentingnya sejak
beberapa dekade terakhir(lih, hannon, 19997; Fleisher, 2001a). Karena
meningkatnya kompleksitas dan dinamika lingkungan perlu untuk menghasilkan
itelijen yg meningkat juga. Karena meningkatnya persaingan global(kecepatan dan
dampak) perubahan politik dan perkmebnagan teknologi yang tepat(misalnya,
kahaner, 1997; Cook & Cook, 2000; Fleissher & Blenkorn, 2001) kebutuhan
akan informasi tentang lingkungan yng lebih mendesak dari sebelumnya. Seperti
McDermott (hannon, 1997, hal. 411) mengatakan, “ mungkin tak terelakkan mengingat meningkatnya persaingan yang
sekarang, memberikan langsung jikan anda dalam bisnis, anda perlu intelijen
pesaing(Fuld,1995, hal 1). Pada saat yang sama, organisasi menghadapi sejumlah
data yang besar yang tersedia tentang lingkungan, meskipun internet sumber data
yang sangat berguna untuk lingkungan yang tumbuh begitu besar, namun sulit
menemukan informasi yang relevan. Seperti banyak penulis menunjukkan kearah
masalah yang berlebihan(misalnya, Cook & Cook, chen et al, 2002) proses
struktur intelijen kompetitif, berberapa penulis(Lih, Kahaner, 1997; Gilad
& Gilad, 1988, Herring, inggi, Bernhardt 1994, Fuld et al 2002) mengusulkan
(paragraph 2)
beberapa organisasi-organisasi demikian berhadapan dengan meningkatnya
tekanan untuk menghasilkan informasi relevan tentang lingkunan dan, pada saat
yang bersamaan dengan terlalu besar, peningkatan jumlah data mengenai
lingkungan. Untuk berhadapan dengan masalah ini, banyak organisasi secara tegas
membuat struktur aktivitas intelegensi.
Misalnya dikatakan "Unit Pertandingan Intelegensi" (lihat
Prescott & Fleisher, 1991, Kahaner, 1997; Fuld, 2002; or Gilad, 1996, sbg
contoh). Untuk membuat struktur proses pertandingan Intelegensi, beberapa
penulis (cf.,Kahanes, 1997; Gilad & Gilad, 1988; Herring, 1991; Bernhardt,
1994; Fuld et al., 2002) bertujuan menuliskan "rotasi/siklus
intelegensi" terdiri dari 4 tahap :
1. Direksi
Dalam tahap ini
organisasi menentukan kebutuhan informasi strategi. Hal ini menentukan tentang
aspek data yang harus dikumpulkan dalam lingkungan
2. Koleksi
Disini koleksi itu
ditentukan oleh apa yang dapat digunakan dari sumber pengumpulan data dan data
tersebut diterima
3. Analisis
Dalam tahap
analisis ini untuk mengumpulkan data yang di analisis guna untuk menilai apakah
data tersebut berguna untuk tujuan yang strategis. Dalam tahap ini produksi
intelijen aktual (untuk data yang strategi relevan) ber langsung.
4. Desiminasi
Kecerdasan
(diproduksi dalam tahap 3) diteruskan kepada para pengambilan keputusan
startegi dan digunakan untuk memutuskan rencana yang strategis.
(paragraph 3)
Untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik
sebuah organisasi harus menerapkan yang disebut infrastruktur kecerdasan(Vriens
& philips, 1999). Infrastruktur ini terdiri dari tiga bagian :
1.
Teknologi
Yang terdiri dari
aplikasi ICT dan Infrastruktur ICT yang dapat digunakan untuk mendukung( dalam
tahap) siklus intelijen
2.
Struktural
Merujuk definisi dan alokasi tugas dan tanggung jawab
CI (misalnya haruskah kegiatan CI menjadi sentralisasi atau desentralisasi?
Haruskah kegiatan CI dilakukan oleh para profesional atau orang lain yang dapat terlibat?), dan
3.
Sumber
Daya Manusia
Bagian yang ini
harus dengan memilih pelatih dan
personil yang harus bermotivasi untuk melakukan kegiatan intelijen. Tantangan
bagi organisasi adalah untuk menemukan tindakan sumber daya teknologi
struktural yang seimbang dan untuk membangun manusia untuk memelihara
Infrastruktur (Lih,Fuld 1995; Kahaner; Gilad & Gilad, 1988, Hannon, 1997).
KESIMPULAN
Untuk memilih dan
menggunakan alat ICT yang tepat untuk mendukung proses CI, organisasi harus
tahu (1) apa proses CI adalah, (2) apa peran ICT (Alat) dalam proses ini dapat,
dan (3) menilai peran ICT (tools) untuk mereka sendiri Proses CI. Dalam bab
ini, kita membahas tiga aspek tersebut. Kami mendefinisikan CI baik sebagai
produk dan sebagai proses. Kami kemudian membahas peran perangkat TIK dalam
proses CI. Di sini, kita disajikan empat jenis alat TIK yang relevan untuk mendukung
(dan kadang-kadang bahkan mengganti) kegiatan CI: Internet, umum aplikasi yang
akan digunakan dalam kegiatan CI, aplikasi CI spesifik dan bisnis aplikasi
kecerdasan. Pada bagian terakhir dari bab ini kita membahas tiga kelas
organisasi kriteria dapat digunakan dalam mengevaluasi dan memilih alat TIK
untuk Proses CI mereka. Meskipun definisi CI dan kriteria untuk memilih
perangkat TIK untuk CI tampaknya telah stabil, kemungkinan menggunakan ICT
untuk peningkatan CI cepat.
Beberapa tren yang mungkin diakui adalah:
• Sebuah konvergensi aplikasi BI dan CI (misalnya,
gudang data dan software terkait juga terikat dengan data eksternal dan
kualitatif) (cf., Li,1999)
• Menggunakan ICT untuk data kualitatif dapat
meningkatkan (misalnya, Chen et al., 2002)
• Menggunakan Internet untuk lebih dari sekedar
kegiatan pengumpulan (misalnya, untuk kolaborasi dan penyebaran tujuan) (cf.,
Teo & Choo, 2001;Cunningham, 2001)
• Peningkatan aplikasi Internet untuk koleksi (lebih
efisien dan aplikasi koleksi efektif akan terus muncul)
• aplikasi Pelaksana CI dapat dilihat sebagai suatu
proses dengan cara yang proses CI dan infrastruktur dapat dianalisa ulang
• Peningkatan aplikasi analisis (lih, Fuld et al.,
2002)
Meskipun semua kemungkinan ICT untuk CI, kami ingin
mengakhiri bab ini dengan berkomentar bahwa memproduksi intelijen masih tetap
karya manusia yang adalah
satu-satunya "mesin" yang mampu menempatkan data dari aplikasi di tepat perspektif
strategis. alat TIK, bagaimanapun, adalah sangat berharga dalam mendukung tugas
ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar